Saturday 20 December 2008

Yesus Itu Tuhan Apa Bukan Sih?

(Oleh:Raymond Lucky Skywalker) sundance_light@yahoo.com
Pertanyaan seperti ini acapkali dikenakan kepada kita umat Allah untuk menjatuhkan iman kita. Ada satyu cerita yang menggelitik saya mengenai hal ini, yaitu seorang haji yang menanyakan duluan mana/ ada Tuhan kita atau air?http://surrender2god.wordpress.com/2007/08/10/hanya-cinta-mu-yang-abadi/

Secara rasional pasti kita menjawab Tuhan Yesus , namun haji ini berkata demikian, Yesus kan lahir pada tahun 1 masehi berarti ada air dulu baru Yesus. Nah, ini bagian yang paling penting dari iman Kristiani, kita sebagai orang percaya mengakui bahwa Yesus yang adalah juruselamat kita (Tuhan yang turun ke dunia), bayangkan Ia rela turun ke dunia untuk menebus dosa umat manusia, memberikan jalan bagi kita agar dapat selamat dan bersatu denganNya di Sorga kelak.Tuhan Yesus dan Allah Bapa, serta Roh Kudus adalah satu, konsep tritunggal bagi saya adalah suatu kesalahan besar dalam dunia keKristenan. Mengapa?

Mari telusuri dengan mengusung konsep tritunggal berarti Tuhan kita mempunyai “TIGA” pribadi. Aneh kan? Inilah yang sering diserang oleh para penggoyah iman.

Mari lihat Alkitab,

nama Bapa: Yoh 17:1

nama Anak:Lukas1:31

nama Roh Kudus: Kisah Para Rasul 16:6-7

Akhirnya semuanya bermuara pada satu nama, Yesus!

Aneh ya? masa bisa di bagi-bagi yah Tuhan kita?

Bukan aneh saudaraku, Tuhan adalah satu pribadi yang punya kuasa tak terbatas, pemegang segala kekuasaan. Nah, Tuhan itu kan berwujud roh, roh dapat berupa dalam bentuk apa saja, berada dimana saja, dalam kuantitas berapa pun(apakah ada yang menyangkal bahwa roh tak dapat dibatasi ruang dan waktu?)

Jadi, in short Tuhan yang menciptakan air dan Tuhan Yesus adalah satu pribadi yang sama.

Berbahagialah kita umat pilihan Tuhan,


yang telah terpanggil. Mengapa? Adakah agama lain yang mengenal Tuhannya secara gamblang?

Semua agama mengenal tuhan, baik itu dapat diterima. Tapi adakah agama yang mengetahui nama Tuhannya? Ha, beruntunglah kita sobat sebagai umat yang punya Tuhan yang bernama, Yesus!

-haji itu juga bertanya kenapa Yesus berteriak kesakitan pada saat disalib dan berteriak meminta pertolongan pada Matius 27:46?

hahaha inilah penyajit teman “seberang” kita ini ,mereka selalu membaca injil sekedarnya dan mengartikan secara aneh. Matius 27:46, Kira-kira tiga jam berserulah Yesus dengan suara nyaring:”Eli,Eli Lama Sabakthani?” Artinya Allah-ku, Allah-Ku mengapa Engkau meninggalkan Aku?

pusing kan? Allah manggil Allah?

Gak perlu pusing seperti di atas tadi, Allah itu roh, tapi pada saat itu Yesus (Roh Tuhan dalam manusia). TubuhNya adalah daging sama seperti kita yang jika teriris akan terasa sakit. byangkan penderitaanNyau ntuk menebus kita sampai-sampai ia dicambuk memakai pecut Besi! membawa Salib sendiri, lalu disalib dengan dipaku(kedua penjahat disamping Yesus diikat),apakah tubuh manusia anda tak akan berteriak kesakitan?Roh anda tak akan merasa sakit! tubuh anda yang hancur!
Bayangkan Tuhan kita yang agung rela menanggung penderitaan sebegitu hebatnya untuk menebus dosa kita?

-Pertanyaan mengenai gambar Yesus

Anda punya gambar “Yesus” di rumah anda, kemudian ada teman anda beragama lain melihat kemudian menanyakan pada and,foto siapakah itu?

Semisal anda menjawab itu foto “Tuhan Yesus” , wajarlah jika agama anda dianggap agama kafir. mengapa Karena Tuhan anda berwujud manusia dan dapat digambarkan.

Nah, saudara dan sobat sekalian, yakinkah anda itu foto Tuhan kita, Tuhan Yesus?

Gambar itu adalah manifestasi manusia akan pencarian tuhannya(menurut saya tidak baik, karena merupakan contoh keberhalaan). Karenanya alangkah baiknya kalau kita menjawab sesuai Alkitab, yaitu Ia adalah tuhan yang sedang turun ke dunia dan berkorban bagi kita. Memang luarnya manusia 100% tapi Ia juga dalah Tuhan 100%. Hal ini tentunya tidak dapat diperdebatkan karena menyangkut iman seseorang. bukankah ada firman tertulis berbahagialah barangsiapa yang tidak melihat namun percaya? karena itu nasihat saya lebih baik percaya sepenuhnya pada Tuhan tanpa embel-embel gambar agar kita ingat Tuhan. Pergunakanlah Roh Kudus pemebrianNya! Belum ada? Mintalah! barangsiapa mengetok Ia akan membuka pintu!

-Buat apa Yesus capek-capek ke dunia nebus dosa? Gak bisa firman aja? berarti ketuhanannya diragukan tuh…

Sobat, semisal anda seorang orangtua dari seorang anak. Anak anda bandel terus dan anda selalu memberikan pengampunan tanpa ada usaha yang dilakukan sang anak, baikkah itu? Demikian Tuhan kita Bapa yang terbaik, memberikan suri tauladan pada kita! Agar kita dapat mengingat betapa mahalnya harga keselamatan kita dan mengingat penderitaanNya saat disalib agar iman kita tidak goyah dan rapuh!

-Tuhan kok diperanakkan?

Saudara, seperti yang telah diuraikan di atas, Tuhan kita adalah roh. Roh dapat melakukan apa saja,mau tuhan kita lahir dari batu atau dari air tiada yang mustahil bagi Tuhan. Mengapa harus diLAHIRKAN?

Hal ini untuk menggenapi hal mengenai LAHIRnya seorang penebus yang akan membasuh dosa keturunan “Yakub”, bukan Yakub secara harfiah, tetapi perwujudan kita orang percaya.

mengenai banyaknya jajaran-ajaran duniawi yang kosong tak membawa keselamatan, baiklah kita saling menguatkan satu sama lain, saling mendoakan tanpa perlu meributkan persoalan agama dengan kawan”seberang”

Tuhan memberkati!


No comments: