Friday 24 October 2008

Apa Maksud Menemukan Hidup Baru Dalam Yesus Kristus?

Sebagai manusia, kita semua mempunyai kebutuhan. Kita mencari-cari jalan di dunia ini untuk memenuhi segala kebutuhan kita. Tetapi pada akhirnya, jawabannya tidak ada di dunia ini, karena tidak ada yang tidak berakhir di dunia ini. Jawabannya ada pada Dia yang menguasai dunia dengan segala kebusukan dan kefrustasiannya. Dia juga yang sekarang mengundang kita datang kepada-Nya untuk beristirahat.
Mengapa Percaya Pada Yesus?


Kita semua mempunyai kebutuhan lain di samping kebutuhan materi. Kita ingin dicintai;

kita perlu merasa aman; dan kita mencari kebahagiaan dan kepuasan. Uang, hiburan, ketenaran, dan prestasi dapat memberikan kita sedikit kepuasan emosi. Hubungan seperti persahabatan dan keluarga juga bisa memenuhi sebagian dari kebutuhan emosi kita. Tetapi ada kebutuhan rohani yang lebih mendalam, yang hal-hal materi, prestasi, dan hubungan tidak dapat memenuhinya.

Jauh dari Rumah

Pisahkanlah anak dari orang tuanya. Berikanlah semua mainan yang disukai dan bawalah dia ke taman hiburan. Perhatian dia mungkin akan beralih sebentar. Tetapi pada akhirnya dia akan menangis mencari orang tuanya. Hanya jika dia kembali kepada orang tuanya dia akan merasa aman dan puas.

Hal yang sama terjadi pula pada kebutuhan rohani kita yang terdalam yaitu berkumpul dengan Bapa di Surga. Tidak ada hal lain yang dapat memenuhi kebutuhan ini. Seperti anak yang telah lama hilang, kita semua telah terpisah dari Tuhan, Bapa kita. Karena dosa, kita dipisahkan dari kehidupan Tuhan yang kekal. Kita tersesat dalam jalan pulang kita kepada Tuhan dan kita kehilangan jati diri kita sebagai anak-Nya.

Tebusan

Yesus adalah jalan pulang kita kepada Bapa di Surga. Yesus berkata, "Tidak ada seorangpun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku." Dia, yang adalah Tuhan sendiri, mengasihi kita dan datang ke dunia ini sebagai manusia. Dia mati untuk kita dan membayar semua tebusan demi untuk kebebasan kita.

Dosa memiliki harga yang harus dibayar yaitu ketergantungan pada musuh Tuhan, si Iblis, dan terpisah dari Tuhan. Dengan kemauan baik kita sendiri, tidak mungkin mendapatkan kembali kebebasan dan kehidupan rohani kita yang telah hilang. Tetapi melalui kematian dan kebangkitan-Nya, Yesus Kristus menanggung semua hukuman atas dosa-dosa yang telah kita perbuat. Melalui Yesus Kristus, kita bisa dihidupkan secara rohani dan kembali menjadi anak Tuhan (Baca lebih lanjut tentang Yesus Kristus dan pengorbanan-Nya).

Pulang ke Rumah

Yesus adalah jawaban atas kebutuhan rohani kita. Dia adalah jalan satu-satunya menuju kehidupan kekal yang penuh dengan kebahagiaan dan sukacita. Ada begitu banyak orang yang datang untuk mengenal Yesus Kristus dan hidup mereka berubah karenanya. Di Gereja Yesus Sejati, Anda dapat mendengar begitu banyak cerita tentang mereka yang mengalami perubahan melalui Yesus Kristus (Lihat Kesaksian Kami).

Pada waktu baptisan dalam nama Yesus Kristus, banyak orang yang menyaksikan darah Yesus Kristus sebagai bukti bahwa dosa-dosa kita ditebus oleh darah-Nya. Banyak orang, saat mereka menerima Roh Kudus, mengalami sukacita yang tidak dapat dilukiskan dengan kata-kata selayaknya seorang anak yang hilang kembali ke pelukan Bapa Surgawinya yang penuh kasih sayang.

Jika Anda sedang mencari arti hidup ini; jika Anda sedang mencari sesuatu untuk mengisi kehampaan di dalam ruang hati Anda yang terdalam; jika Anda merasa tak berdaya dan tersesat; atau jika Anda ingin menerima anugerah kehidupan kekal, inilah waktunya bagi Anda untuk pulang kepada Bapa di Surga. Bukalah hati Anda untuk Yesus Kristus. Dia akan mengisi kerinduan Anda yang terdalam dan memahkotakan Anda dengan kehidupan kekal dalam kerajaan Bapa kita yang agung.

Menerima Yesus Kristus



Yesus Kristus datang dua ribu tahun yang lalu untuk membawa kita kembali kepada Tuhan. Kita terpisah dari Tuhan karena dosa-dosa kita. Tetapi karena kasih-Nya yang besar, Kristus mati di kayu salib untuk menebus dosa-dosa kita dan menyatukan kita kembali dengan Tuhan. Anugerah keselamatan Yesus ini, yang disebut juga dengan keselamatan, adalah anugerah tanpa bayaran apa pun yang boleh kita terima dari Tuhan. Saat kita menerimanya, kita akan kembali kepada Tuhan dan bersama-Nya selamanya. Kita akan menikmati berkat Tuhan dalam hidup kita yaitu kedamaian dan sukacita, harapan dan penghiburan, kasih dan kepuasan.

Yesus Kristus sendiri memberitahukan kita bagaimana kita bisa menerima Dia:

Percaya bahwa Yesus Kristus adalah Tuhan dan Penyelamat kita

Tuhan Yesus berkata, “Setiap orang yang percaya kepada [Ku] tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal.” (Yoh. 3:16)

Bagaimana kita percaya kepada Yesus? Kita mulai dengan mengakui Dia sebagai Tuhan kita. Pengakuan di sini melibatkan kesediaan kita untuk mengakui dosa-dosa kita dan memohon pengampunan dari Tuhan.

Kita juga harus percaya bahwa Yesus Kristus adalah Penyelamat kita. Yesus mati di kayu salib untuk dosa-dosa kita dan dibangkitkan. Dengan menyerahkan nyawa-Nya, Yesus menebus dosa-dosa kita sehingga kita bisa dianggap tidak berdosa di hadapan Tuhan. Saat kita menerima Yesus dengan iman, kita memperoleh anugerah keselamatan ini. Saat kita mengabdikan seluruh hidup kita pada Yesus, Tuhan melanjutkan rencana keselamatan-Nya pada kita.

Lahir Kembali

Tuhan Yesus berkata, “Sesungguhnya jika seorang tidak dilahirkan kembali, ia tidak dapat melihat Kerajaan Allah.” (Yoh. 3:3)

Ketika kita diselamatkan, diri kita yang lama yang penuh dengan dosa kita tinggalkan dan kita lahir kembali ke dalam suatu kehidupan baru dalam Kristus. Sebagai hasilnya, kita mengambil rupa Tuhan. Kelahiran kembali ini menandai suatu permulaan baru sebagai seorang Kristen.

Jadi bagaimana kita bisa lahir kembali? Yesus memberikan perintah berikut ini, yang juga dijalankan oleh Yesus sendiri dan memerintahkan pengikut-Nya untuk melakukan hal yang sama:

Dibaptis dalam Kristus

Tuhan Yesus berkata, “Siapa yang percaya dan dibaptis akan diselamatkan.” (Mrk. 16:16)

Yesus menumpahkan darah-Nya dan menyerahkan nyawa-Nya di kayu salib sehingga dosa-dosa kita boleh dihapuskan. Melalui baptisan, kita dipersatukan dengan Tuhan dan dosa kita diampuni.

Kaki kita dibasuh oleh Yesus

Tuhan Yesus berkata, “Jikalau Aku tidak membasuh engkau, engkau tidak mendapat bagian dalam Aku.” (Yoh. 13:8)

Yesus membasuh kaki murid-murid-Nya sesudah Perjamuan Terakhir sehingga mereka “mendapat bagian” dalam Dia. Melalui basuh kaki, kita juga mendapat bagian dalam Yesus.

Mengambil bagian dalam tubuh dan darah Yesus

Tuhan Yesus berkata, “Barangsiapa makan daging-Ku dan minum darah-Ku, ia mempunyai hidup yang kekal dan Aku akan membangkitkan dia pada akhir zaman.” (Yoh. 6:53-54)

Pada waktu Perjamuan Terakhir, Yesus mengambil roti dan cawan, memberkatinya, dan memberikannya kepada murid-murid-Nya. Demikian juga kita harus mengambil bagian dalam darah dan tubuh Kristus untuk mendapatkan kehidupan yang kekal dan dibangkitkan saat kedatangan Yesus yang kedua kali.

Menjalani Kehidupan Baru dalam Kristus

Tuhan Yesus berkata, “Tetapi Penghibur, yaitu Roh Kudus, yang akan diutus oleh Bapa dalam nama-Ku, Dialah yang akan mengajarkan segala sesuatu kepadamu dan akan mengingatkan kamu akan semua yang telah Kukatakan kepadamu.” (Yoh. 14:26)

Sesudah kita dilahirkan kembali, kita masih cenderung berbuat dosa dan kita perlu terus memperbaharui kehidupan kita. Untuk itulah Tuhan mengirim Roh-Nya, Roh Kudus, kepada kita. Roh kudus membantu kita mengingat firman Tuhan, membimbing kita, dan menguduskan kita, dengan demikian akan menyempurnakan pekerjaan penyelamatan Tuhan atas kita. Kita harus menanggapi dengan berjalan dalam Roh dan berserah pada bimbingan-Nya sehingga kita bisa tetap menjalani kehidupan yang baru tersebut dalam sisa hidup kita.

Sebuah undangan untuk menerima Yesus Kristus

Jadi, teman yang terkasih, menerima Yesus Kristus dimulai dengan percaya dan mengakui Dia sebagai Tuhan dan Penyelamat kita. Tetapi sebagai pengikut Yesus yang sejati, kita harus mematuhi perintah-Nya secara penuh dan menjalani kehidupan baru dalam Roh Kudus. Saat kita mengabdikan hidup kita sepenuhnya kepada Yesus, kita akan bersama Tuhan selamanya dan menikmati berkat Tuhan yang berlimpah.

Hak Cipta 2004 2008 Gereja Yesus Sejati





No comments: