Tuesday 28 October 2008

RENUNGAN UNTUK HARI INI

renungan Harian: Selasa 28 October 2008


Bacaan I: Efesus 2: 19 - 22; Mazmur 18: 2 - 5
Injil: Lukas 6: 12 - 19

Jesus berdoa kepada Bapa-Nya semalam suntuk sebelum Dia memilih keduabelas rasul. Hari ini kita merayakan pesta dari kedua orang khusus dan terurapi – St. Simon dan St. Judas. Dalam beberapa perikope perjanjian Baru tentang para rasul (Mt. 10: 2-4; Markus 3: 16 – 19; Lukas 6: 14 – 16; Kis. 1: 13), Simon dimaksudkan Simon orang Zealot dan Judas adalah putera Yakobus atau Tadeus atau Lebbaus.

Kita tidak memiliki banyak catatan atau data tentang kedua rasul ini. Satu tradisi mencatat bahwa keduanya diutus sebagai missionaries ke Persia dan menjadi martir di sana. Simon orang Zealot hanya disebut namanya pada konteks nama para rasul yang dipilih Jesus: tak ada referensi dibuat tentang pelayanannya atau tentang karya misi yang dia lakukan. Mungkin dia termasuk kelompok pemberontak sporadis bernama Zealot, suatu kelompok milisi revolusioner yang dibentuk untuk melawan penjajahan orang-orang romawi. Bagaimana dia menjadi pengikut Jesus tidak kita ketahui dengan pasti. Setelah kebangkitan Jesus ada suatu imperative atau kebutuhan untuk membedakan Judas dari Judas Iskariot dan oleh karena itu dia diberi nama baru Tadeus (dalam bahasa Yunani yang berarti Judas).

Dalam injil Johanes, Judas putera Jakobuslah yang berkata kepada Jesus: "Tuhan, apakah sebabnya maka Engkau hendak menyatakan diri-Mu kepada kami, dan bukan kepada dunia?" (Johanes 14: 22). Para ahli Kitab Suci sepertinya kurang bersikap pasti, tapi St. Judas diterima sebagai penulis surat Judas yang memiliki namanya. Tentu saja Judas, adalah santo pelindung dari ‘kasus-kasus sulit’ atau ’Pilihan terakhir’.

Apa saja yang terjadi dengan kedua rasul ini, mereka menyandang title ‘rasul’ dan masuk dalam barisan anggota dari kelompok ekstraordinari saudara-saudara yang belum pernah dikenal dunia sebelumnya. Mereka mengtransformasi dunia dan setia memegang teguh pewartaan atau ajaran Kristus. Mereka dipilih bukan karena kemampuan mereka tapi sebagai bagian dari rencana Allah yang misterius dan mengagumkan. Kita juga dipilih bukan karena kemampuan atau kehebatan kita tapi kita dipilih sebagai bagian dari rencana Allah yang misterius dan yang mengagumkan.

‚Kristus tidak memiliki tubuh di dunia sekarang ini tapi tubuh kamu, Ia tidak memiliki tangan, tapi tangan-tangan kamu: kamu adalah mata dengannya Dia melihat dunia dengan penuh perhatian, kamu adalah kaki dengannya Dia dapat berjalan kemana-mana untuk melakukan hal-hal yang baik, dan kamu adalah tangan-tangan-Nya dengannya Dia dapat memberkati kita sekarang

No comments: